20
Juni 2015
TEORI
BELAJAR KOGNITIF SOSIAL
Oleh
FIRDA
ARWANDA
A. Teori
Kognitif Sosial
Menyatakan bahwa factor sosial dan kognitif sosial
serta factor pelaku memainkan peran penting dalam pembelajaran. Factor kognitif
berupa ekspektasi siswa untuk meraih keberhasilan, factor sosial mencakup
pengamatan siswa terhadap perilaku orang tuanya.
Menurut Bandura ketika siswa belajar mereka dapat
mempresentasikan atau mentransformasi pengalamam mereka secara kognitif.
B. Pembelajaran
Observasional
Pembelajaran observasional disebut sebagai
pembelajaran imitasi atau modeling adalah pembelajaran yang dilakukan dengan
mengamati atau meniru perilaku orang lain. Menurut Bandura (1986) proses
spesifik yang terlibat dalam pembelajaran observasional ada empat, yaitu proses
atensi, retensi, produksi dan motivasi.
C. Menggunakan
Pembelajaran Observasional Secara Efektif
1. Pertimbangkan
tipe model yang akan dihadirkan untuk siswa
2. Tunjukan
dan ajari perilaku
3. Menggunakan
temen sebaya sebagai model yang efektif
4. Mentor
digunakan model
5. Undang
tamu kelas yang akan memberikan model yang baik bagi murid anda
6. Pertimbangkan
model yang dilihat anak ditelivisi, video dan computer.
D. Pendekatan
Perilaku Kognitif dan Regulasi
Dalam pendekatan perliku kognitif adalah mengubah
perilaku dengan menuruh orang untuk memonitor, mengelola dan mengatur perilaku
mereka sendiri, bukan dipengaruhi oleh factor ekternal. Menurut meichenbaum
(1971) dengan pendekatan ini membantu menubah miskonsepsinsepsi dari siswa,
memperkuat keahlian siswa dan mendorong refleksi diri yang konstruktif.
E. Evaluasi
Pendekatan Kognitif Sosial
Beberapa
kelemahan dalam menggunakan teori kognitif sosial dikelas adalah kesulitan
dalam meneraokan porsi self efficacy dan komponen regulasi diri. Masalah lain
adalah bahwa dalam memilih model untuk perilaku, orang mungkin aka kehilangan
beberapa anggota pembelajaran dengan alas an bahwa salah memilih model.
Tugas ini dibuat untuk memenuhi matakuliah Bapak
Dirgantara Wicaksono, M.Pd….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar