10 Juni 2015
PENATAAN
PENILAIAN DALAM IMPLEMENTASI K 13
Oleh
FIRDA
ARWANDA
A. Penataan
Penilaian
Salah satu aspek yang dijadikan ajang perubahan dan
penataan dalam kaitannya dengan implementasi kurikulum 2013 adalah penataan
adalah standar penilaian. Penataan tersebut terutama disesuaikan dengan
penataan yang dilakukan pada standar isi, standar kompetensi lulusan dan
standar proses.
Meskipun demikian, pada akhirnya penataan penilaian
tersebut tetap bermuara dan berfokus pada pembelajaran. Karana pembelajaran
adalah inti dari implementasi kurikulum. Pembelajaran sebagai inti dari
implemetasi dari kkurikulum dalam garis besarnya menyangkut 3 fungsi
manajerial, yaitu :
a. Perencanaan
Yang menyangkut
perumusan tujuan dan kompetensi serta memperkirakan cara pencapaian tujuan dan
pembentukan kompetensi tersebut.
b. Pelaksanaan
Proses yang memberikan
kepastian bahwa program pembelajaran telah memiliki sumber daya manusia dan
sarana serta prasarana yang diperlukan dalam pelaksanaan, sehingga membentuk
kompetensi, karakter dan mencapai tujuan yang diinginkan.
c. Penilaian
Bertujuan untuk
menjamin bahwa proses kinerja yang dicapai telah sesuai dengan rencana dan
tujuan.
B. Penilaian
Kurikulum
Penilaian kurikulum harus mencakup aspek
pengetahuan, ketrampilan, dan sikap secara utuh
dan propesional, sesuai dengan kompetensi inti yang telah ditentukan.
Untuk mendapatkan data yang lengkap, utuh dan
meyeluruh tentang penilaian kurikulum dapat dilakukan dengan menilai rancangan
kurikulum dan menilai rancangan kurikulum dan menilai pengembangan kurikulum
dikelas.
C. Penilaian
Proses Pembelajaran
Penilaian proses dimaksudkan untuk menilai kuliatas
pembelajaran serta internalisasi karakter dan pembentukan kompetensi peserta
didik, termasuk bagaimana tujuan-tujuan belajar direalisasikan. Dalam hal ini
penilaian proses dilakukan untuk menilai aktivitas, kreativitas, dan
keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran, terutama keterlibatan mental,
emosional, dan sosial dalam pembentukan kompetensi serta karakter peserta
didik.
Penilaian proses dapat dilakukan dengan pengamatan
(observasi), dan refleksi. Pengamatan dapat dilakukan oleh guru ketika peserta
didik sedang mengikuti pembelajaran, mengajukan pertanyaan/permasalahan,
merespon atau menjawab pertanyaan, berdiskusi, dan mengerjakan tugas-tugas pembelajaran
lainnya, baik dikelas maupun di luar kelas.
Refleksi dapat dilakukan oleh guru bersama peserta
didik, dengan melibatkan guru lain (observasi), atau pedamping. Refleksi juga
bisa melibatkan kepala sekolah, agar ditidaklanjuti dengan pengembangan kebijakan
sekolah. Refleksi ini merupakan tidak lanjut dari pengamatan, sehingga apa-apa
yang dibicarakan dalam refleksi adalah hasil observasi, beserta hasil-hasil
lain yang muncul dalam pembelajaran.
D. Penilaian
Unjuk Kerja
Peserta didik diamati dan dinilai bagaimana mereka
dapat bergaul, bagaimana mereka bersosialisasi dimasyarakat, dan bagaimana
mereka menerapkan pembelajaran di kelas dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam hubungannya dengan penilaian unjuk kerja,
Leighbody (dalam Mulyasa 2012) mengemukakan elemen-elemen kinerja yang dapat
diukur.
a. Kualitas
penyelesaian pekerjaan
b. Ketrampilan
menggunakan alat-alat
c. Kemampuan
menganalisis dan merencanakan prosedur kerja sampai selesai
d. Kemampuan
mengambil keputusan berdasarkan aplikasi informasi yang diberikan
e. Kemampuan
membaca, menggunakan diagram, gambar-gambar, dan symbol-simbol.
E. Penilaian
Karakter
Penilaian karakter dimaksudkan untuk mendeteksi
karakter yang terbentuk dalam diri peserta didik melalui pembelajaran yang
telah diikutinya.
PENILAIAN
KARAKTER PESERTA DIDIK
JENIS KARAKTER
|
INDIKATOR PERILAKU
|
Bertanggungjawab
|
a.
Melaksanakan
kewajiban
b.
Melaksanakan
tugas sesuai dengan kemampuan
c.
Memelihara
fasilitas sekolah
d.
Menjaga
kebersihan lingkungan
|
Percaya Diri
|
a.
Pantang
menyerah
b.
Berani
menyatakan pendapat
c.
Berani bertanya
d.
Mengutamakan
usaha sendiri daripada bantuan
e.
Berpenampilan
tenang
|
Saling menghargai
|
a.
Menerima
perbedaan pendapat
b.
Memaklumi
kekurangan orang lain
c.
Mengakui
kelebihan orang lain
d.
Dapat
kerjasama
e.
Membantu orang
lain
|
Bersikap santun
|
a.
Menerima
nasihat guru
b.
Menghindari
permusuhan denga teman
c.
Menjaga
perasaan orang lain
d.
Menjaga
ketertiban
e.
Berbicara
dengan tenang
|
Kompetitif
|
a.
Berani
bersaing
b.
Menunjukan
semangat berprestasi
c.
Berusaha ingin
lebih maju
d.
Memiliki
keinginan untuk tahu
e.
Tempil beda
dan unggul
|
Jujur
|
a.
Mengemukakan
apa adanya
b.
Berbicara
secara terbuka
c.
Menunjukkan
fakta yang sebenarnya
d.
Menghargai
data
e.
Mengakui
keselahannya
|
F. Penilaian
Portofolio
Portofolio adalah kumpulan tugas-tugas yang
dikerjakan peserta didik. Dengan demikian, dapat dikemukakan bahwa penilain
portofolio adalah penilaian terhadap seluruh tugas yang dikerjakan peserta
didik dalam mata pelajaran tertentu.
Penilaian portofolio dalam kurikulum 2013 harus
dilakukan secara utuh berkesinambungan, serta mencakup seluruh kompetensi inti
yang dikembangkan.
G. Penilaian
Ketuntasan Belajar
Penilaian ketuntasan belajar ditetapkan berdasarkan
criteria ketuntasan minimal (KKM) dengan mempertimbangkan tiga komponen yang
terkait dengan penyelenggaraan pembelajaran. Ketiga komponen tersebut adalah 1.
Kompleksitas materi dan kompetensi yang harus dikuasai, 2. Daya dukung, 3.
Kemampuan awal peserta didik
H. UN
dalam Implementasi Kurikulum 2013
Ketentuan UN tersebut dapat dilihat dalam pasal 67
PP Nomor 32 Tahun 2013, sebagai berikut :
(1) Pemerintah
menugaskan BSNP untuk menyelenggrakan Ujian Nasional yang diikuti peserta didik
pada setiap satuan pendidikan jalur formal pendidikan jalur formal pendidikan
dasar dan menengah, dan jalur nonformal kesetaraan.
(1a)
Ujian nasional untuk satuan pendidikan jalur formal pendidikan dasar
sebagaimana dimaksud (1) dikecualikan untuk SD/MI/SDLB atau bentuk lain
sederajat.
(2) Dalam
penyelenggaraan ujian nasional BSNP bekerja sama degan instansi terkait di
lingkungan pemerintah, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, dan
satuan pendidikan.
Tugas ini dibuat untuk
memenuhi tugas bapak Dirgantara Wicaksono, M.P.d…
DAFATAR PUSTAKA TIDAK ADA.MOHON DITAMPILKAN
BalasHapus