Senin, 15 Juni 2015

ASPEK PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

2 juni 2015


ASPEK PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
OLEH
FIRDA ARWANDA
Ada beberapa aspek-aspek yang mempengaruhi perkembangan peserta didik :
1.      Aspek perkembangan psikomotorik
         Perkembangan motorik sangat berkaitan erat dengan perkembangan fisik anak. Motorik merupakan perkembangan pengendalian gerakan tubuh melalui kegiatan yang terkoordinir antara susunan saraf, otot, otak, dan spinal cord. Perkembangan motorik yang sempurna sangat menopang dalam melaksanakan tugas perkembangan anak pada umumnya, terlebih lagi bagi kalangan tertentu yang menggunakan kecerdasan motorik sebagai tumpuannya,seperti olahragawan dan profesional.
Psikomotorik dan motorik memiliki definisi yang berbeda. Secara umum, motorik adalah gerak sedangkan psikomotorik adalah kemampuan gerak. Dalam psikologi, kata motor diartikan sebagai istilah yang menunjukkan pada hal, keadaan, yang melibatkan otot-otot juga gerakan-gerakannya, demikian pula kelenjar-kelenjar juga sekresinya. Motor dapat pula dipahami sebagai segala keadaan yang meningkatkan atau menghasilkan stimulasi atau rangsangan terhadap kegiatan organ-organ fisik.

2.      Aspek perkembangan moral
    
        Pendidikan moral dapat diartikan sebagai ajaran kesusilaan. Dalam pendidikan sekolah dasar selain menjadikan peserta didik menjadi anak yang cerdas, juga harus dapat menghasilkan manusia yang baik, berbudi perkerti, dan juga berakhlak .
        Moral adalah tata cara, kebiasaan, dan adat. Moral berarti prilaku yang sesuai dengan kode moral kelompok social yang dikembangkan oleh konsep moral . konsep moral ialah peratuaran prilaku yang telah menjadi kebiasaan anggota suatu budaya.
 Sikap dan prilaku moral dapat dipelajari dengan:
a.       Belajar melalui cob atau ralat
b.      Pendidikan langsung yag dilakukan dengan cara anak belajar member reaksi tertentu dengan tepat dalam situasi tertentu, serta dilakukan dengan cara memenuhi peraturan yang berlaku dalam keluarga,sekolah maupun dalam masyarakat sekitar.
c.       Identifikasi dengan orang yang dikaguminya




3.      Aspek perkembangan emosional

          Emosi adalah setiap keadaan pada diri seseorang dan berhubungan dengan kondisi afektifnya dengan tingkatan yang lemah maupun yang kuat. Keadaan afektif yang dimaksud adalah perasaan-perasaan tertentu yang dialami pada saat menghadapi suatu situasi tertentu, seperti rasa senang, bahagia, benci, kangen, terkejut, tidak puas, tidak senang dan sebagainya.
          Pada aspek ini anak sangat dipengaruhi oleh interaksi dengan orang tua dan orang-orang disekitarnya. Emosi yang berkembang akan sesuai dengan impuls emosi yang ditrimanya. Minsalnya , jika anak mendapatkan curahan kasih saying, mereka akan belajar untuk menyayangi.
Pengaruh emosi terhadap prilaku dan perubahan fisik individu:
a.       Memperkuat semangat bila merasa senang atas suatu keberhasilan.
b.      Melemahkan semangat apabila timbul rasa kekecewaan karena suatu kegagalan .
c.       Menghambat atau menggangu konsentrasi belajar apabila individu dalam keadaan gugup.
d.      Terganggu penyesuaian social apabila terjadi rasa cemburu dan iri hati.

4.      Aspek perkembangan Bahasa

Pertumbuhan bahasa pada seorang anak memiliki beberapa tahap , mulai dari tahap pralinguistik , kemudian berlanjut pada tahap linguistic. perkembangan bahasa adalah kemampuan individu dalam menguasai kosa kata, ucapan, gramatikal, dan etika pengucapannya dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan perkembangan umur kronologisnya
1.      Proses pemerolehan bahasa
      Dimana anak mulai mengenal komunikasi dengan lingkunganya secara verbal . pemerolehan bahasa pertama terjadi bila anak pada awal kehidupannya tanpa bahasa hingga kini telah memperoleh bahasa.
2.      Proses pertumbuhan bahasa peserta didik
a.       Fase satu kata (holofrase)
b.      Fase lebih dari satu kata
c.       Fase perbedaan (differensiasi)
3.      Proses perkembangan bahasa peserta didik
a.       Reflexsive  vocalization
b.      Babbling
c.       Laling
d.      Echolalia
e.       True speech

Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas bapak Dirgantara Wicaksono, M.Pd….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar