4 Juni 2015
INDIKATOR PENDIDIKAN
Oleh
FIRDA ARWANDA
Indikator
merupakan suatu konsep dan selakigus ukuran. Sebagai suatu konsep, indikator
pendidikan merupakan besaran kuantitatif mengenai suatu konsep tertentu yang
dapat digunakan untuk mengukur proses dan hasil pendidikan atau dampak dari
suatu instrumen kebijakan pendidikan. Sebagai ukuran kuantitatif, indikator
merupakan besaran dari suatu keadaan empiris dari suatu konsep atau gejala
tertentu sebagai hasil pengolahan dari dua satuan data atau lebih dalam waktu
yang bersamaan. Indikator juga didefenisiskan sebagai perbandingan antara dua
atau lebih variabel sehingga dapat diinterpretasikan
Data dan indikator
tidak dapat dipisahkan bahkan saling bergabung satu sama lain. Indikator tidak
mungkin dihasilkan tampa dukungan data, sebaliknya data tidak memiliki acuan
konseptual apapun tampa dilakukannya definisi tentang indikator. Misalnya, data
penduduk usia sekolah yaitu 7 sampai 12 tahun merupakan satuan data yang belum
ada artinya untuk analisis kebijakan pendidikan, namun bila digabungkan dengan
sisiwa tingkat sekolah dasar, akan menghasilkan indikator angka partisipasi
kasar (APK). Besaran indikator ini merupakan informasi yang berguna karena
dapat dijadikan ukuran yang standar dari perluasan dan pemerataan kesempatan
belajar.
·
Ruang
Lingkup dan Indikator-Indikator Pendidikan Terpilah Menurut Jenis Kelamin
1. Ruang
lingkup data terpilah pendidikan mencakup 3 pilar, yaitu:
a. Perluasan akses dan pemerataan pendidikan:
Pengertian
Contoh data perluasan dan pemerataan pendidikan
b. Mutu dan relevansi pendidikan:
pengertian
Contoh
c. Tat kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik:
pengertian,
contoh
·
Indikator
Pendidikan Responsif Gender :
a.
Pengantar: Keberhasilan pendidikan responsif gender dapat
dinilai dalam dua tingkatan, yaitu:
1. Kondisi
tingkat pendidikan penduduk secara umum
2.
Kondisi pendidikan yang sedang berjalan
1
b.
Indikator: Kondisi tingkat pendidikan penduduk secara umum pada umumnya menggunakan indikator:
1.
Rata-rata lama sekolah penduduk usia 15 tahun
keatas.
2. Persentase
penduduk berusia 15 tahun keatas menurut pendidikan yang ditamatkan.
3.
Angka melek aksara atau angka buta aksara.
Kondisi pendidikan yang sedang berjalan pada umumnya menggunakan yang disusun oleh UNESCO, yaitu mengukur 3 (tiga) aspek pendidikan, antara lain:
v
Akses dan Pemerataan Pendidikan
Kegunaan:
Indikator akses dan
pemerataan pendidikan digunakan untuk:
mengetahui
seberapa besar cakupan pelayanan pendidikan yang telah ada di tingkat
provinsi/kabupaten/kota sekaligus
untuk mengetahui berapa banyak anak yang belum terlayani pendidikannya untuk
setiap kelompok usia sekolah dan setiap jenjang pendidikan.
Akses dan pemerataan pendidikan dapat dilihat dari 3
aspek, yaitu:
ü
Angka
Partisipasi Sekolah (APS)
ü
Angka
Partisipasi Murni (APM)
ü
Angka
Partisipasi Kasar (APK)
v
Mutu dan Relevansi Pendidikan
Indikator mutu dan relevansi pendidikan dapat dilihat dengan mengikuti alur input-proses-output. Masukan (input) dalam komposisi
tertentu yang diproses dengan metode tertentu akan membuahkan dua macam hasil,
yaitu hasil jangka pendek (output) dan hasil jangka panjang (outcome).
Ø Beberapa
indikator yang dapat digunakan antara lain:
2
1. Indikator masukan/input pendidikan, mencakup:
a. Tingkat ketersediaan/penguasaan/kepemilikan buku
teks;
b. Persentase ilustrasi yang menggambarkan contoh
aktivitas yang dilakukan laki-laki dan perempuan;
c. Proporsi guru yang layak dan sesuai.
2. Indikator proses pendidikan,
terkait dengan proses belajar mengajar di kelas termasuk bagaimana guru/tenaga
pendidik memperlakukan siswa laki-laki dan
perempuan.
3. Indikator hasil
jangka pendek (output) pendidikan, mencakup:
a. Tingkat
prestasi akademik siswa, termasuk hasil ujian akhir sekolah, ujian akhir
nasional;
b. Persentase
kelulusan.
4. Indikator hasil jangka panjang
(outcome) pendidikan, mencakup:
a. Jobseeking period (rata-rata lama mencari kerja);
b. Persentase lulusan yang
bekerja
v
Tata Kelola, Akuntabilitas dan Pencitraan Publik
Tugas ini dibuat untuk memenuhi matakuliah Bapak Dirgantara Wicaksono,
M.Pd…
Boleh tau sumbernya dari mana untuk indikator pendidikan ?
BalasHapus