16
Juni 2015
PENGEMBANGAN
KURIKULUM 2013
Oleh
FIRDA
ARWANDA
A.
Perunya
Perubahan dan Pengembangan Kurikulum 2013
Perlunya perubahan kurikulum juga karena adanya
beberapa kelemahan yang ditemukan dalam KTSP 2006 yaitu :
1. Isi
dan pesan-pesan kurikulum masih terlalu padat,
2. Kurikulum
belum mengembangkan kompetensi secara utuh sesesui dengan visi, misi, dan
tujuan pendidikan nasional,
3. Kompetensi
yang dikembangkan lebih didominasi oleh aspek pengetahuan,
4. Berbagai
kompetensi yang diperlukan sesuai dengan perkembangan masyarakat,
5. Kurikulum
belum peka dan tanggap terhadap berbagai perubahan sosial yang terjadi pada
tingkat local, nasional, maupun global,
6. Standar
proses pembelajaran belum menggambarkan urutan pembelajaran yang rinci,
7. Penilain
belum mengguanakan standar penilain berbasis kompetensi.
B.
Landasan
Pengembangan Kurikulum 2013
1. Landasan
filosofis
a. Pancasila
yang memberikan berbagai prinsip dasar dalam pembangunan pendidikan
b. Pendidikan
yang berbasis pada nilai-nilai luhur, akademik, kebutuhan peserta didik, dan
masyarakat.
2. Landasan
yuridis
a. RPJMM
2010-2014 sektor pendidikan, tentang perubahan metodologi pembelajaran dan
penatan kurikulum
b. PP
No. 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan.
c. INPRES
No. 1 Tahun 2010, tentang perencanaan pelaksanaan prioritas pembangunan nasional.
3. Landasan
konseptual
C.
Tujuan
Pengembangan Kurikulum 2013
Melalui pengembangan kurikulum 2013 kita akan
menghasilkan insane Indonesia yang: produktif, kreatif, inovatif, afektif;
melalui penguatan sikap, ketrampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi.
D.
Kurikulum
2013 Berbasis Kompetensi
Beberapa aspek atau ranah yang terkandunng dalam
konsep keompetensi dapat diuraikan sebagai berikut ;
1. Pengetahuan
yaitu kesadaran dalam bidang kognitif
2. Pemahaman
yaitu kedalam kognitif dan afektif yang dimiliki oleh individu
3. Kemampuan
yaitu sesuatu yang dimiliki oleh individu untuk melakukan tugas atau pekerjaan
yang dibebankan kepadanya
4. Nilai
yaitu suatu standar perilaku yang telah diyakini dan secara psikologis telah
menyatu dalam diri seseorang
5. Sikap
yaitu perasaan atau reaksi terhadap suatu ransangan yang datang dari luar
6. Minat
yaitu kecenderungan seseorang untuk melakukan sesuatu perbuatan.
Dari berbagai sumber, sedikitnya dapat
diidentifikasikan lima karakteristik kurikulum berbasis kompetensi;
a. Mendayagunakan
keseluruhan sumber belajar
b. Pengalaman
belajar
c. Strategi
individual personal
d. Kemudahan
belajar
e. Belajar
tuntas
E.
Tingkat
Pengembangan Kurikulum
1. Pengembangan
kurikulum tingkat nasional
Pada
tingkat nasional dilakukan penataan terhadap Standar Nasional Pendidikan, terutama
pada SKL, standar isi, proses, dan penilaian, yang dituangkan dalam peraturan
pemerintahan No. 32 Tahun 2013.
2. Pengembangan
kurikulum tingkat wilayah
Berkaitan
dengan pengembangan kompetensi dan silabus untuk berbagai mata pelajaran diluar
mata pelajar kurikulum nasional. Dilakukan oleh Tim Pengembangan Kurikulum
Tingkat Wilayah di bawah koordinasi dinas pendidikan provinsi.
3. Pengembangan
kurikulum tingkat satuan pendidikan
Pada
tingkat ini dibahas pengembangan kurikulum untuk setiap jenis lembaga pendidikan.
4. Pengembangan
silabus
Dalam
kurikulum 2013, pengembangan silabus tidak lagi oleh guru, tetapi sudah
disiapkan oleh tim pengembangan kurikulum , baik ditingkat pusat maupun
wilayah. Dengan demikian guru tinggal mengembangkan RPP berdasarkan buku panduan
guru, buku panduan siswa dan buku sumber yang semuanya telah disiapkan.
5. Pengembangan
program pembelajaran
Berdasarkan
silabus, KI, dan kompetensi lulusan yang telah diidentifikasi dan diurutkan
sesuai dengan tingkat pencapainnya, selanjutnya dikembangkan program-program
pembelajaran. Dalam kurikulum 2013 program pembelajaran yang dikembangkan
adalah tematik dan terpadu, sehingga kegiatan pengembangan rencana pembelajaran
terpadu.
F. Pengembangan
Struktur Kurikulum2013
1. Identifikasi
Kompetensi
Sedikitnya ada 8 sumber
yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi kompetensi yaitu : Daftar yang ada,
Penjabaran bidang studi, Penjabaran mapel, Analisis taksonomi, Masukan dari
profesi, Membangun teori, Masukan didik dan masyarakat, Analisis tugas.
2. Struktur
kurikulum SD
Usulan Rancangan
Struktur Kurikulum SD
No
|
Kompetensi
Rancangan
|
1.
|
Berbasis
tematik integratif sampai kelas VI
|
2.
|
Menggunakan
kompetensi lulusan untuk merumuskan kompetensi hasil pada setiap kelas
|
3.
|
Menggunakan
pendekatan sains dalam proses pembelajaran (mengamati), menanya, mencoba,
mengolah, menyajikan, menyimpulkan(menciptakan) semua mapel
|
4.
|
Menggunakan
IPA & IPS sebagai materi pembahasan pada setiap semua mapel
|
5.
|
Meminimumkan
jumlah mapel dengan hasil 10 dapat dikurangi menjadi 6
|
6.
|
Menempatkan
IPA & IPS pada posisi sewajarnya bagi anak SD
|
7.
|
Perbedaan
IPA & IPS dipisah atau diintegrasikan hanyalah pada apakah buku teksnya
terpisah atau jadi satu.
|
8.
|
Menambah
4 jam per minggu akibat perubahan proses pembelajaran dan penilaian.
|
Tugas ini dibuat untuk
memenuhi matakuliah Bapak Dirgantara Wicaksono, M.P.d…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar